Kamis, 21 Januari 2010

MENGAPA HARUS FIREFOX 3.5 ?

Kebanyakan para peselancar dunia maya menggunakan Firefox ? Alasan paling menonjol adalah karena aplikasi ini open source (gratis). Tapi bukan karena alasan itu saja Firefox diminati oleh netter di seluruh dunia. Alasan lain adalah karena tingkat keamanan dan performa firefox yang sangat handal dibandingkan dengan browsr lain. Selain itu fitur-fitur (add-ons) yang ditawarkan sangat mendukung dalam berselancar internet.

Sampai saat ini mozila telah mengembangkan Firefox hingga versi v3.5. Performa dan tingkat keamanan Firefox 3.5 tentu lebih baik dari pada versi-versi sebelumnya. Berikut penjelasannya.


1. Performa
Firefox 3.5 mempunyai kecepatan dua kali lebih cepat dibandingkan dengan versi v3.0 (versi sebelumnya). Kecepatan Firefox v3.5 adalah 1,524 ms sedangkan Firefox v3.0 hanya 3,669 ms. Dengan kecepatan 1,524 ms, Firefox v3.5 akan lebih nyaman digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi web, download, dan upload.
Firefox 3.5 hanya memerlukan lebih sedikit memory saat digunakan, dan pemakain memory tersebut benar-benar dikendalikan, serta mampu menghapus memory yang tidak terpakai. Di Firefox v3.5 juga terpasang page rendering dan layout engine, hal ini memungkinkan halaman web tampil lebih cepat.
Peningkatan performa juga dapat dilihat pada tampilan warna foto-foto di internet yang lebih tajam dan cerah dibandingkan dengan versi sebelumnya. Firefox v3.5 juga terpasang TraceMonkey JavaScript, engine yang dapat menjadikan performa browser yang satu ini semakin lebih baik.
2. Keamanan
Dengan Firefox v3.5 keamanan pengguna berkelayapan di internet jadi lebih aman. Apalagi adanya peningkatan fitur-fitur anti-phising dan anti-malware serta penambahan private browsing dan opsi”forget this site” untuk peningkatan privasi penggunanya.
Instan Web Site ID
Dengan fitur instant website ID, Firefox v3.5 menjamin sebuah situs benar-benar resmi sehingga ketika akan melakukan transaksi online pengguna tidak akan ada kekhawatiran. Pengguna bisa mengetahui berapa kali telah mengunjungi sebuah situs, mengetahui tingkat keamanan passwordnya, website-website yang mencurigakan, palsu atau tidaknya sebuah website, dan kepastian apakah website sesuai dengan yang diharapkan.

Private Browsing
Ini adalah fitur baru yang dimiliki Firefox v3.5, dengan mengaktifkan fitur private browsing ini, semua aktivitas/jejak berselancar internet akan dihapus, sehingga semua aktvitas pengguna tidak akan bisa dilacak oleh pengguna lain.

Anti-Malware
Firtur anti-malware mengalami peningkatan, dengan fitur ini Firefox mampu melindungi serangan virus, worm, trojan horse dan spyware. Jika kebetulan mengakses situs berbahaya, maka Firefox akan segera mengingatkan untuk meninggalkan situs tersebut dan memberitahuikan alasannya. Firefox juga memeriksa setiap bagian halaman web sebelum ditampilkan pada browser, sehingga menjamin keamanan komputer penggunanya.
Anti-Phisihing
Dengan fitur ini pengguna bisa berbelanja dengan lebih aman. Firefox v3.5 selalu melakukan update situs setiap 48 jam sekali untuk melacak pemalsuan web. Sehingga jika pengguna mengunjungi sebuah situs curang (fraudulebnt site), maka akan ditampilkan pesan untuk menghentikan akses ke web tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar