Jumat, 15 Januari 2010

KeepMeOut.com Mengurangi Kecanduan Facebook

Tidak dapat dipungkiri bahwa situs jejaring sosial Facebook, Twitter, Friendster, etc. sudah menjangkiti hampir setiap manusia di segala umur. Situs jejaring sosial telah mengalahkan popularitas situs porno. Namun popularitas facebook telah membuat fenomena kecanduan terhadap sebagian penggunanya. Apakah all friends salah satunya ?

Bagi anak-anak atau pelajar, kecanduan situs jejaring sosial menjadi permasalahan terhadap pelajaran di sekolah. Bagi seorang pekerja, kecanduan facebook, twitter, friendster, etc. akan mengurangi produktifvitas kerjanya. Itulah kenapa tidak sedikit lembaga pendidikan (sekolah) dan perusahaan yang memblokir situs jejaring sosial ini.

Salah satu cara mengatasi kecanduan ini adalah dengan berhenti dan displin diri. Namun bila all friends belum berhasil melakukan hal ini, sebagai alternatif bisa menggunakan tool sederhana sebagai alat pengingat, tool ini adalah KeepMeOut di keepmeout.com

Prinsip dari tool ini adalah memperingatkan untuk tidak atau berhenti menggunakan sebuah situs tertentu dalam selang waktu tertentu. all friends cukup menambahkan URL situs yang banyak menyita waktu sehingga ingin selalu diingatkan agar tidak menelantarkan pekerjaan utama. Jika all friends mencoba mengakses situs tersebut lebih dari sekali dalam selang waktu tertentu, katankah 60 menit, maka KeepMeOut akan segera memblokir dan mengingatkan kalau all friends harus menunggu 60 menit lagi untuk mengakses situs tersebut.

Dengan begitu maka kebiasaan gentayangan di suatu situs (misal situs jejaring sosial) akan terkurangi, dan secara otomati kecanduan terhadap situs jejaring sosial juga akan terkurangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar